Minggu, 30 September 2012

artikel aplikasi komputer


AUTOFILL

Digunakan untuk membuat rangkaian data secara otomatis, baik rangakain data bersejenis angka maupun teks.

Lihat juga AUTOCOMPLETE, AUTOCORRECT, CUSTOM LISTS, FILL .

Untuk memasukkan rangkaian data yang bersejenis angka dengan menggunakan fasilitas autofill, ikuti langkah berikut ini :

1. pilih atau klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang akan anda buat, misalnya pilih atau klik sel B2. kemudian ketik angka awal yang anda inginkan, misalnya angka 10%.
2. pada sel berikutnya, yaitu di B3. ketik angka berikutnya yang anda inginkan, misalnya angka 15%.
3. sorotlah range B2:B3.
4. dalam keadaan range tersebut masih tersorot, arahkan penunjuk mouse ke posisi kotak hitam (fill handel) disudut kanan bawah sel B3 sehingga penunjuk mouse berubah bentuk menjadi tanda plus hitam.
5. geserlah (drag) fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misalnya ke sel B12. dengan langkah ini rangkaian data angka akan ditampilkan.

Anda dapat juga memasukan rangkaian data yang berjenis teks, misalnya nama-nama bulan dalam setahun atau nama-nama hari selama satu minggu. Untuk memasukan rangkaian data yang bersejenis teks dengan menggunakan fasilitas autofill, ikuti langkah berikut ini :

1. pilih dan klik sel tempat dan posisi awal dari rangkaian data yang akan anda buat, misalnya pilih atau klik sel B2 kemudian ketik nama bulan sebagai teks awal yang anda inginkan, misalnya “january” .
2. pada sel berikutnya, yaitu di B3 anda ketik nama bulan berikutnya yang anda inginkan, misalnya “february”
3. sorotlah range B2:B3 .
4. dalam keadaan range tersebut masih tersorot, arah penunjuk mouse ke posisi kotak hitam (fill handel) di sudut kanan bawah sel B3, sehinnga penunjuk mouse berubah menjadi tanda plus hitam
5. geserlah (drag) fill handel tersebut ke sel tempat posisi akhir rangkaian data, misalnya ke sel B13. dengan langkah ini rangkaian data teks berupa nama bulan akan ditampilkan .

AUTOCORRECT
Digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan teks secara otomatis, terutama untuk teks yang sering anda gunakan .

Lihat juga AUTOCOMPLETE, AUTOFILL, FILL, SPELLING .
Untuk dapat menggunakan fasilitas autocorrect, terlebih dahulu anda harus mendefinisikan teks yang sering mengalami salah pengetikan tersebut . untuk mendefinisikan teks baru pada fasilitas autocorrect ikuti langkah berikut ini :

1. pilih dan klik menu tools, autocorrect.
2. pada kotak isian replace, ketikkan teks yang sering salah anda ketikkan .
3. pada kotak isian with, ketikkan teks yang seharusnya anda ketikkan .
4. klok tombol perintah add .
5. klik okk. Dengan langkah tersebut diatas teks yang anda definisikan akan tersimpan pada daftar kepustakaan exel 2000 .

untuk menghapus teks tertentu dari daftar kepustakaan exel 2000, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. pilih dan klik menu tools, autocorrect.
2. pada kotak daftar kepustakaan yang ada, pilih dan klik teks yang ingin anda hapus. Kemudian klik tombol perintah delete .
3. klik ok .

AUTOCOMPLETE

Dengan fasilitas autocomplete ketika anda mengetikkan beberapa karakter awal dari data, exel 2000 secara otomatis akan melengkapi karakter yang anda ketikkan tersebut dengan karakter selanjutnya guna melengkapi data. Exel 2000 melengkapi data yang anda ketikkan dengan berdasarkan data sebelumnya yang sudah anda ketikkan di kolom tersebut.
Fasilitas autocomplete ini sangat bermanfaat guna mepercepat pengetikkan data pada lembar kerja, terutama jika anda sering mengetikkan data yang sejenis secara berulang-ulang.

Lihat juga AUTOCORRECT, AUTOFILL, FILL.

Selain dengan cara diatas, anda dapat juga mengambil atau melihat data yang sudah anda ketikkan dikolom yang sedang anda ketikkan dikolom yang sedang anda gunakan, dengan menggunakan langkah berikut :

1. tempatkan penunjuk sel diposisi sel yang anda inginkan tetapi masih pada kolom yang sama.
2. penunjuk mouse tetap pada posisi sel tersebut, kemudian tekan tombol mouse sebelah kanan satu kali sampai menu shortcut ditampilkan .
3. pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik pick from list .dengan langkah inidata yang pernah anda ketikkan pada kolom tersebut akan ditampilkan .
4. pilih dan klik data data yang anda inginkan, jika anda bermaksud mengambil data tersebut.
AUTOCALCULATE

Pada saat anda menginputkan atau mengetikkan data berjenis angka, kadang-kadang anda perlu memeriksa jumlah data yang sudah anda ketikkan. Untuk keperluan tersebut anda dapat memanfaatkan fasilitas autocalculate. Dengan fasilitas autocalculate ini anda dapat dengan mudah dan cepat menghitung data yanga ada pada suatu range tertentu. Lihat juga . AUTOSUM, FORMULA, FORMULA AUTOCORRECT, FUNGSI, SUM.

Untuk mennggunakan fasilitas autocalculate pada laporan penjualan tersebut, ikuti langkah berikut :

1. sorotlah range data yang akan anda hitung.
2. setelah anda menyorot range data tersebut secara otomatis dibawah lembar kerja pada baris status akan ditampilkan banyaknya data

ARRANGE
Digunakan untuk menata tampilan beberapa buku kerja yang sedang terbuka secara bersamaan .
Lihat juga SPLIT, FREEZE PANES .

Untuk menata tampilan beberapa buku kerja yang sedang terbuka, ikuti langkah berikut ini :
1. pilih dan klik menu windows, arrange .
2. pada kotak arrange, pilih dan klik salah satu tombol pilihan berikut ini :

- Tield, semua buku kerja yang anda buka akan ditampilkan seluruhnya dalam bentuk jendela-jendela kecil yang disusun secara berjajar .
- Horizontal, semua buku kerja yang anda buka akan ditampilkan seluruhnya dengan cara membagi jendela secara horizontal
- Vertikal, semua buku kerja yang anda buka akan ditampilkan seluruhnya dengan cara membagi jendela secara vertical .
- Cascade, semua buku kerja yang anda buka akan ditampilkan seluruhnya dalam bentuk jendela-jenda yang saling tumpang tindih. Jendela paling muka berisi buku kerja yang sedang aktif dan buku kerja lainya disimpan dibelakangnya dengan hanya menampilkan baris judulnya saja.

3. Klik Ok. Dengan langkah ini semua buku kerja yang anda buka akan di tampilkan seluruhnya dengan bentuk tampilan yang anda pilih. Anda dapat memilih atau berpindah buku kerja aktif, dengan cara memilih dan mengklik menu WINDOW, kemudian pilih nama buku kerja yang akan diaktifkan .

Selain dengan menggunakan cara diatas, anda juga dapat berpindah buku kerja aktif dengan menggunakan tombol ctrl+F6.

ALIGNMENT
Digunakan untuk mengatur tampilan data yang tersimpan pada suatu sel atau range tertentu, agar posisinya ditampilkan rata kiri, rata kanan, di tengah sel atau di tengah beberapa kolom tertentu dengan tujuan agar laporan yang anda buat tampil menarik.

Lihat juga BORDER, FORMAT FONT, FORMAT PAINTER, PATTERNS, STANDARD FONT, STYLE.

Meratakan tampilan data dapat dilakukan dengan menggunakan perintah format cells atau dengan menggunakan tombol toolbar, ikuti langkah-langkah berikut :

1. sorotlah sel atau range yang akan anda ubah perataan tampilan datanya.
2. pilih dan klik menu FORMAT, CELLs (CTRL+1).

Catatan :
cara lain untuk menampilkan kotak dialog format cells, yaitu dengan menempatkan penunjuk mouse tetap pada posisi sel atau range dengan anda sorot, kemudian tekan tombol mouse sebelah kanan satu kali sampai menu shortcut ditampilkan. Selanjutnya pilih dan klik perintah format cells pada menu shortcut tersebut.

Ratih sepyaningsih
Ekonomi / Akuntansi R3
Nim : 1201199